“Mad jadda wa jada”
Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapat.

Yayasan Pendidikan As-Shofa menyelenggarakan Seminar Pendidikan diakhir acara “Kemilau As-Shofa 2020” pada Sabtu, 25 Januari 2020 M/ 29 Jumadil Ula 1441 H.

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Ir.Novizar Zein selaku ketua bidang pendidikan dan kepegawaian di yayasan As-Shofa. Acara ini berlangsung di Audiotorium Arafah yayasan As-Shofa Pekanbaru.

Seminar pendidikan ini bertema “Mendidik Karakter Anak di Era Industri 4.0, yang disampaikan oleh Tokoh Pendidikan Nasional Bapak Prof.Dr.Arief Rachman, M.Pd.

Fenomena Era Revolusi Industri 4.0 di zaman ini sudah tidak asing lagi bagi kita, betapa cepatnya perkembangan teknologi dan informasi saat ini.Kita sebagai orang tua dan pendidik, apakah sudah siap dalam mendidik karakter anak di era ini?

Pendidikan karakter adalah usaha secara sadar dan terencana untuk mewujudkan proses potensi dan membangun karakter peserta didik.

Revolusi industri 4.0 merupakan sistem yang mengintegrasikan dunia online dengan produksi industri.Menurut Angela Merkel, revolusi industri 4.0 menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dll, dikenal dengan ” Fenomena Disruptive Innovation.”

Menurut Bapak Prof.Dr.Arief Rachman, M.Pd, pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 harus dapat mengantarkan anak kita menjadi:
1. Bertaqwa
2. Berkepribadian matang.
3. Berilmu mutakhir dan berprestasi.
4. Mempunyai rasa kebangsaan.
5. Berwawasan global.

Menurut beliau, ada 7 kompetensi andalan dalam mendidik karakter peserta didik di Era ini yaitu:
1. Manajemen diri sendiri.
2. Keinginan untuk berprestasi.
3. Ketrampilan hubungan antar manusia.
4. Kemampuan teknis profesionalisme.
5. Ketrampilan melayani.
6. Ketrampilan manajerial.
7. Wawasan berfikir global.

Dalam mewujudkan karakter peserta didik ini, ada 3 kemitraan dalam menjalin kerjasama yaitu: orang tua, masyarakat, dan sekolah.

Kemudian dalam seminar ini dibuka sesi tanya- jawab yang dipandu oleh Bapak Sudarmi, M.Pd selaku moderator.
Dalam sesi ini, peserta sangat antusias mengajukan pertanyaan tentang pendidikan karakter peserta didik.

Pisau sembilu banyak gunanya,
Untuk mengiris daging domba,
Hatiku selalu berbahagia,
Belajar bersama di As-Shofa jaya.

Qoute:
” Kita tidak boleh lelah dan tidak boleh kalah, masa depan Indonesia berada di anak muda, dan anak muda harus dituntun ke arah positif.”

Salam semangat ?
As-Shofa Jaya