BT Content Slider

JE Animated Background

joomla animated background module

Program Pertukaran

Program Pertukaran Pelajar SD Islam As-Shofa ke SK Saujana Impian Kajang Malaysia

Dalam rangka mewujudkan visi SD Islam As-Shofa Pekanbaru  menjadi Lembaga Pendidikan yang mampu membentuk siswa berwawasan global maka diadakan suatu program Student Exchange. Tujuan diadakannya program ini membuka wawasan dan pengalaman bagaimana belajar dan sistem belajar pelajar di luar negeri.

 

Program ini dilaksanakan dari tanggal 24 – 28 April 2016. Jumlah Siswa yang ikut 26 orang (9 orang laki-laki dan 17 orang perempuan), guru 6 orang, pimpinan 1 orang, dan pengurus Yayasan As-Shofa 1 orang.

Mengapa  negara Malaysia yang dipilih ? Karena letaknya yang dekat dari Pekanbaru, bahasa, budaya, dan kondisi geografis yang hampir sama dengan Indonesia.

Minggu, 24 April 2016 Rombongan Student Exchange SD Islam As-Shofa berangkat dari Pekanbaru ke Malaysia. Karena hujan maka Pukul 17.00 Waktu Malaysia baru diadakan serah terima Siswa SD Islam As-Shofa dengan Orang Tua Angkat dari Siswa SK Saujana Impian Kajang Malaysia. 

Siswa SD Islam As-Shofa belajar di SK Saujana Impian Kajang Malaysia hari Senin – Selasa, 25 – 26 April 2016. Selama belajar di Malaysia, merekabelajar di kelas, kegiatan  lain yang dilakukan berupa pertandingan Hots Maths, dan Memanah.Penyerahan kembali Siswa SD Islam As-Shofa dari Orang Tua Angkat ke Pihak SD Islam As-Shofa dilakukan pada Selasa, 26 April 2016 pukul 11.00 Waktu Malaysia.

Setelah serah terima, rombongan Students Exchange SD Islam As-Shofa Meninggalkan SK Saujana Impian Kajang Malaysia dan  langsung menuju Genting Island. Wonderful Place....!!! Semua deg-degkan ketika naik sky way dan sangat terkesan dengan pemandangan di Genting Island dan kedinginan ketika main salju.

Esok harinya, Rombongan Student Exchange mengunjungi Pasar Seni, di sini rombongan berpencar untuk membeli oleh-oleh untuk orang tua mereka. Dari Pasar Seni kami menuju Pabrik Coklat Beryl’s.  Di sini diterangkan tentang bahan baku dan proses pembuatan coklat. Dari pabrik coklat, rombongan langsung menuju Menara Petronas di Kuala Lumpur. Di sana,  kami memasuki Petro Sains dan Twin Tower.

Kamis, 28 April 2016, kami kunjungan ke Istana Negara, Independent Park, Pusat Pemerintahan Perdana Menteri, dan Mesjid Pink. Pukul 16.00 Waktu Malaysia, kami sudah berada di Bandara KLIA untuk pulang ke Pekanbaru.

Banyak pengalaman dan kesan yang mendalam  didapat oleh Siswa, Guru, dan Yayasan. Di sini kita melihat perbandingan pendidikan, teknologi, persahabatan, ketertiban, disiplin, dan budaya multikultural etnis yang hidup rukun di Malaysia.

Semoga ilmu dan pengalaman selama 5 hari di Malaysia menambah rasa cinta terhadap tanah air Indonesia dengan mengaplikasikan yang baik dari  negara Malaysia ke negara Indonesia. (Isra Hayati, S.Pt)