Senin (27/02) SMP Islam As-Shofa mengadakan kegiatan pasar karya bioteknologi sebagai bentuk ujian praktik dari mata pelajaran IPA dan IPS kelas 9. Kegiatan ini diikuti oleh setiap kelas yang terdiri dari beberapa kelompok, dimana setiap kelompok membuat produk bioteknologi yang kemudian dijual. Produk bioteknologi yang dibuat bervariasi, seperti roti, yoghurt, tempe, tape, dan donat. Setelah produk-produk tersebut dibuat, kemudian diolah lagi menjadi kudapan seperti yoghurt frozen, waffle, es cendol, sandwich, burger, hotdog, odading, caramel bread, dan tempe mendoan. 

Pasar karya bioteknologi ini menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif para siswa dalam membuat produk bioteknologi dan mengolahnya menjadi kudapan. Selain itu, para siswa juga belajar tentang pemasaran dan aspek bisnis dengan menjual produk yang mereka buat.Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari para pengunjung, baik dari siswa maupun guru. Banyak pengunjung yang tertarik dengan produk-produk bioteknologi yang dihasilkan dan membelinya. 

Tidak hanya menjual hasil karya bioteknologi, siswa kelas 9 SMP Islam As-Shofa juga menjual hasil karya dari mata pelajaran prakarya. Kelas 9 berhasil menciptakan berbagai jenis produk seperti tempat pensil, gelang manik-manik, kalung manik-manik, dan konektor masker yang semuanya sangat menarik perhatian para pengunjung. 

Para guru dan siswa kelas 7 dan 8 juga turut berpartisipasi dalam acara pasar karya bioteknologi yang digelar di lapangan TK Islam As-Shofa. Mereka datang dengan antusias dan tertarik untuk melihat hasil karya dari siswa kelas 9 yang telah diolah menjadi produk yang menarik dan menggugah selera. Selain itu, para siswa kelas 7 dan 8 juga dapat membeli produk-produk tersebut dan mendukung kegiatan yang diadakan oleh siswa kelas 9. 

Karya-karya tersebut juga berhasil terjual dengan baik, menunjukkan keberhasilan para siswa dalam mengembangkan kreativitas dan keterampilan mereka di berbagai bidang. Acara pasar karya bioteknologi ini tidak hanya memberikan pengalaman baru bagi siswa kelas 9 dalam mengaplikasikan ilmu IPA, IPS, dan Prakarya tetapi juga memberikan kesempatan bagi para siswa dan guru untuk saling berinteraksi dan belajar dari satu sama lain.

Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pasar karya bioteknologi dan prakarya ini berhasil memberikan pengalaman yang berharga bagi siswa dalam mengembangkan keterampilan dan kreativitas mereka. Selain itu, kegiatan ini juga membantu siswa memahami pentingnya kerja sama dalam sebuah tim untuk mencapai tujuan yang sama, dalam hal ini menciptakan produk-produk yang menarik dan berkualitas tinggi. Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan di masa depan untuk memberikan pengalaman yang bermanfaat bagi siswa dalam mengembangkan keterampilan dan kreativitas mereka.