BT Content Slider

JE Animated Background

joomla animated background module

Seminar Kurikulum 2013 Di As-Shofa

sekolah pekanbaru - pelatihan kurikulum 2013

kurikulum 2013 dengan berbasis penguatan penalaran, bukan hafalan semata. Pola pembelajaran diarahkan mendorong murid mencari tahu dan mengobservasi, bukan di beri tahu. Selain itu , kurikulum baru ini juga mensyaratkan kompetensi guru lebih baik, karena beban ada di guru. Dengan kurikulum mengajar dengan cara berbeda.

”kurikulum 2013 ini lebih menekankan pada materi tematik dengan nilai memadukan kegiatan dari beberapa mata pelajaran dengan tema,” kata mulyadi, pengawas TK/SD kurikulum 2013 saat menjadi pembicara pada seminar pembelajaran termatik terpadu kurikulum 2013, senin (3/2) kemarin.Seminar difasilitasi PT Grasindo ini berlangsung di SD Islam As-Shofa, Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru. Acara ini di hadiri 100 guru-guru swasta SD dan SMP. Sabagai tutor tunggal ini menjalankan, kurikulum 2013 merupakan proses pembelajaran di lakukan melalui beberapa tahapan.

Mulai dari mengamati, menyakan, mencoba menyanjikan, menalar dan menciptakan.

Sementara untuk penilainya dilakukan dengan sistem penilaian otentik mulai input, proses hingga output-nya.
 
“Sementara untuk teknik penilaian kelas, ada beberapa hal yang menjadi penilaian. Misalnya penilaian sikap, pengetahuan dan penilaian keterampilan”. Jelasnya.

Guna mendukung kurikulum 2013 semakin komplek tersebut, PT Grasindo menerbitkan buku untuk siswa Sekolah Dasar. Mulai dari kelas 1-5. Untuk buku tematik kelas 1 dan 4 sudah bisa didapatkan di toko buku Gramedia, Pekanbaru dengan harga yang cukup terjangkau, Rp 36 ribu.

Marketing komunikasi PT Grasindo, A Agung Purwono S, kepada tribun  di sela acara seminar mengatakan, jauh sebelum kurikulum 2013 ada, Grasindo sudah jauh lebih dahulu menerbitkan buku tematik.

Dalam buku tematik di terbitkan pada 2006 tersebut, jelas Agung, tidak terdapat pemaparan materi, tetapi berisi rangkaian kegiatan belajar beserta sumber belajarnya.

“Model pembelajaran yang telah kami rintis sejak tahun 2006 tersebut ternyata  sejalan dengan semangat dari kurikulum 2013 sekarang ini”, Tuturnya.

Maka dari sekolah telah mengunakan buku tematik Grasindo termasuk di untungkan. karena kata Agung, guru hanya perlu menyesuakan kompentensi dasarnya dan menyempurnakan dalam pelaksanaanya.

Dengan berbagai keunggulan dari buku tematik terbitan Grasido ini, Agung yakin bisa menjadi buku pelengkap dan
pendukung pembelajaran materi-materi di kelas pada kurikulum 2013. Beberapa keunggulan di antaranya jaminan ketercukupan semua kompetensi dasar kurikulum 2013.

“Penggunaan buku tematik ini memungkinkan pendidikan karakter anak dapat optimal karena karakter anak akan
tumbuh dan berkembang jika anak melihat, mengalami dan malakukan suatu karakter,” paparnya.